Bagaimana cara Melihat kecepatan internet modem speedy : Share & Care

Bagaimana cara Melihat kecepatan internet

| September 8, 2014

Bagaimana cara melihat kecepatan internet di Situs SpeedTest

 

Internet sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari hari, berbagai hal kita bisa kita lakukan dengan menggunakan koneksi  internet misalnya bermain facebook, menonton video di youtube, mencari bahan pelajaran sekolah dll. Lalu bagaimana cara melihat kecepatan internet ? gar kita tahu berapa speed atau kecepatan internet yang kita gunakan.

Bagaimana cara melihat kecepatan internet Agar Download lebih cepat

Anda mungkin sering mendengar istilah bandwith dalam dunia hosting bandwith adalah hasil penjumlahan antara kecepatan mendownload (Unduh) dan kecepatan mengupload (Unggah). Saat ini banyak orang yang sudah memasang jaringan internet sendiri di rumah, karena biaya bulanan dan pemasangan internet relatif murah.

Sekarang banyak warnet yang tutup atau bangkrut karena banyaknya teknologi canggih dan murah seperti modem, jaringan wifi yang di pasang di tempat umum dan bisa di akses secara gratis. Begitu pula handphone saat ini sudah banyak yang menyediakan fitur internet dan wifi harganya pun sangat terjangkau.

Karena begitu mudah mengakses jaringan atau koneksi internet banyak masyarakat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan misalnya berinteraksi di jejaring sosial, bahkan dimanfaatkan untuk bisnis yang di kenal dengan bisnis online.

Bagaimana cara melihat kecepatan internet dan seberapa penting kita mengetahui kecepatan internet? Penting sekali karena dengan kecepatan (speed) internet yang tinggi waktu unggah (loading) semakin singkat sehingga apapun yang kita unggah dari internet seperti gambar, audio-video akan semakin cepat.

Koneksi internet yang lambat terkadang membuat kita jengkel dan stress, untuk membuka satu situs website saja perlu waktu yang lama jika kecepatan internet kita lambat. Faktor cuaca juga sangat berpengaruh dengan kecepatan internet di samping ada kesalahan dari Internet Serving Provider (ISP) atau penyedia layanan internet.

 Bagaimana cara melihat kecepatan internet dengan Speed Test ?

Bagaimana cara melihat kecepatan internet sangat mudah, ada web site yang khusus menyediakan layanan mengukur kecepatan internet yaitu speedtest.net. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara mengukur kecepatan internet di situs SpeedTest.Net :

  1. Kunjungi situsnya di http://www.speedtest.net/
  2. Setelah itu anda akan di bawa ke halaman utama, lalu anda klik tombol Begin Test
  3. Tunggu sampai proses selesai dan speedtest akan menampilkan kecepatan download kemudian kecepatan upload secara bergantian
  4. Jika anda ingin membagikan speed internet kepada teman atau forum klik tombol Share This Result nanti speedtest akan menampilkan link yang bisa anda share baik berupa url maupun kode HTML.
  5. Anda pun bisa mengulang hasil tes kecepatan internet server anda dengan meng klik Test Again atau New server.
  6. Jika kecepatan download dan kecepatan upload sudah anda ketahui lalu bagaimana cara melihat kecepatan internet server anda? Caranya mudah tinggal jumlahkan saja hasil yang di peroleh sama dengan kecepatan internet anda. Misalnya Dowload speed = 18,12 Mbps dan Upload speed 3,81 Mbps maka kecepatan internet = 18,12 + 3,81 = 21,93 Mbps inilah kecepatan internet anda.
  7. Tetapi speed internet bisa berubah-ubah, pada saat jam-jam sibuk kecepatan internet bisa berkurang dan akan berlipat kecepatannya saat waktu-waktu tidak sibuk misalnya tengah malam atau dini hari.
bagaimana mengukur kecepatan internet

Ilustrasi bagaimana mengukur kecepatan internet di Situs SpeedTest

Sebaiknya ketika mendownload file atau data dari internet anda menggunakan software downloader misalnya software Internet Download Maneger (IDM) , a tube Catcher dll. Dengan menggunakan sofware dowloader proses download file akan lebih stabil kecepatannya.

Tags: , , ,

Category: IT

Comments are closed.

%d bloggers like this: