Bisnis sampingan yang cocok untuk guru : Share & Care

Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Guru

| September 23, 2014

Memilih Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Guru Honorer dan PNS

 

Menjadi seorang guru adalah sebuah pilihan yang sangat mulia, guru sebagai pengajar dan pendidik seharusnya mendapat perhatian lebih dari pemerintah terutama mengenai kesejahteraan guru.  Kira-kira bisnis sampingan yang cocok untuk guru itu apa ya ? untuk menambah penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup buat keluarga.

Banyak guru yang mengeluh tentang gaji yang kecil yang mereka dapat setiap bulan dari hasil mengajar. Terutama guru yang masih berstatus honorer dan belum tersertifikasi hanya mengandalkan insentif dari pemerintah deerah ( tunjangan fungsional) dan honor dari sekolah tempatnya mengajar.

Sebagai guru yang kreatif anda harus pandai memilih bisnis sampingan yang cocok untuk guru tanpa meninggalkan profesionalisme dan tugas anda sebagai pengajar dan pendidik. Coba beberapa beberapa usaha sampingan di bawah ini, yang mungkin cocok untuk anda tanpa harus meninggalkan tugas sebagai guru:

Membuka Usaha Bisnis Online

Bisnis online merupakan usaha memasarkan produk berupa barang atau jasa melalui media internet. Jika anda pemula sekali di dunia bisnis online silahkan bergabung di komunitas guru bisnis online yang berpusat di Tebet jakarta, di sana anda bisa belajar bisnis online dari nol step by step sampai tingkat advance. Belajarnya bisa secara online untuk yang di daerah-daerah dan bisa secara offline jika anda berdomisili di wilayah Jabodetabek dan Surabaya.

Bisnis online merupakan bisnis sampingan yang cocok untuk guru, karena anda cukup bermodalkan laptop / PC serta koneksi internet. Jika tidak punya produk sendiri, anda bisa memasarkan produk orang lain dengan imbalan komisi jika anda berhasil menjual dalam bisnis online ini disebut program affiliasi.

Membuka Bimbingan Belajar atau les Privat

Tas anak Karakter islami – Jika anda punya banyak waktu luang setelah mengajar, kenapa tidak membuka usaha bimbingan belajar di rumah. Rata-rata memang peminat bimbingan belajar adalah siswa-siswi yang kurang dalam pelajaran matematika, fisika dan kimia. Jika anda tidak punya keahlian dalam ketiga bidang study tersebut, ajaklah teman seprofesi anda untuk bekerja sama. Anda pun bisa mengadakan les privat atau guru ke rumah jika tidak punya tempat untuk membuka bimbingan belajar. Usaha bimbingan belajar atau les privat merupakan bisnis sampingan yang cocok untuk guru, karena masih sangat berhubungan dengan profesi  sebagai guru.

Menulis atau membuat ebook

Menulis merupakan aktifitas yang sangat berkaitan dengan profesi guru,  cobalah menulis apa saja bisa berupa cerpen, dongeng, rangkuman rumus matematika sesuai dengan latar belakang pendidikan dan hobby anda. Kirim hasil tulisan anda ke forum-forum pendidikan seperti kompasiana.com, jika artikel yang anda tulis memenuhi kriteria anda bisa di angkat sebagai penulis tetap di kompasiana dengan honor yang lumayan.  Bisnis sampingan yang cocok untuk guru bisa juga dengan membuat ebook tentang apa saja, misalnya tutorial menggunakan photoshop, membuat video pembelajaran interakstif dll. Ebook tersebut bisa anda jual kepada yang berminat, uangnya bisa menambah penghasilan di luar gaji anda sebagai guru.

Sebagai seorang guru dengan honor pas-pasan harus selalu berpikir kreatif agar bisa menambah penghasilan lain hanya jika anda guru yang berstatus Pegawai negeri Sipil (PNS) yang gaji dan kesejahteraannya sudah di jamin pemerintah. Tetapi tidak ada salahnya banyak guru-guru PNS berbisnis online, karena usaha di bisnis online jika sudaha tahu caranya bisa menghasilkan penghasilan berlipat dari gaji guru dalam sebulan.

Tags: , , , , , ,

Category: Peluang Bisnis

Comments are closed.

%d bloggers like this: