Cara Mudah menulis rumus dan karakter matematika di blog : Share & Care

cara mudah menulis rumus dan karakter matematika di blog

| April 13, 2014 | 0 Comments

 

Cara mudah menulis rumus dan karakter matematika di blog Blogger dan WordPress

 

Akhirnya saya menemukan cara mudah menulis rumus dan karakter matematika di blog setelah sekian lama mencari tutorial yang tepat tentang cara menulis rumus matematika di blog,  baik itu di blog dengan platform blogger maupun wordpress, akhirnya saya mendapatkan pencerahan google membawa saya ke website PPPTK Matematika. Setelah saya pelajari  dan praktekkan berulang-ulang akhirnya saya makin lancar dan mahir tentang  cara mudah menulis rumus dan karakter matematika di blog , saya akan berbagi pengalaman di blog saya ini.

Cara mudah menulis rumus dan karakter matematika di blogger

 

Menuliskan simbol-simbol dan ekspresi  matematika di blog tentu tidaklah semudah kita menuliskannya di MS Word,  yang memang sudah menyediakan fitur khusus yaitu equation editor yang berguna mengolah ekspresi dan simbol-simbol matematika. Di Website atau blog tidak menyediakan fitur tersebut, kita harus menginstal plugin khusus. Untuk website atau blog dengan platform blogger atau yang lebih dikenal dengan blogspot saya biasa menggunakan aplikasi equation editor online yang disebut codecogs anda dapat mengunjungi situsnya di http://www.codecogs.com/ saya sangat tergantung sekali dengan situs ini karena salah satu blog matematika saya menggunakan blogspot, fiturnya sangat lengkap kita tinggal mengklik atau menuliskan simbol dan ekspresi matematika yang kita inginkan,  lalu  menyalinnya dalam format HTML lalu menempatkan kode HTML nya di blog kita.

Langkah-langkah cara mudah menulis rumus dan karakter matematika di blog dengan codecogs

 

Berikut ini adalah langkah-langkah menuliskan rumus matematika di situs codecogs.com:

1.Kunjungi situsnya di http://www.codecogs.com/, lalu pilih equation editor

tampilan-muka-situs-codecogs

2.Kemudian akan dibawa kehalaman berikutnya, pilih Full Panel range

codecogs2

3.Pada halaman ini kita tinggal menulis rumus secara visual ( bagi yang belum tahu kode latex) yaitu dengan mengklik simbol-simbol dibagian panel paling atas perhatikan gambar dibawah ini

codecogs3

  1. Setelah rumus selesai dibuat, terdapat dua pilihan untuk mendownload rumus yaitu dalam format gambar pilih saja click here to download image nanti gambar akan tersimpan di file komputer anda dan tinggal menguploadnya ke website. Pilihan kedua yaitu embed HTML , salin kode HTML nya (Pilih format HTML jangan HTML edit  ) kode ini di embed atau disalin pada artikel di blog yaitu pada mode HTML bukan mode visual ya. Jika sudah disalin, coba lihat hasilnya pada mode visual blog anda. Kalau rumusnya sudah tampil tinggal melanjutkan menulis artikelnya.

Cara menuliskan rumus matematika seperti ini berlaku untuk semua jenis blog dan website.

Cara Mudah Menulis Rumus dan Karakter Matematika di WordPress

 

Cara mudah menulis rumus dan karakter matematika yang akan saya bahas disini adalah dengan menggunakan wordpress domain dan hosting berbayar untuk wordpress gratisan, saya belum mencobanya…..

Berbeda dengan blogger , di blog atau website dengan platform wordpress kita harus memasang plugin khusus yaitu plugin codecogs latex equation editor. Berikut ini langkah-langkah instalasinya :

  1. Download dahulu plugin codecogs latex equation editor di link ini http://wordpress.org/plugins/codecogs-latex-equation-editor/ lalu pilih Download Version 1.0.2 , simpan di file komputer anda,  format filenya adalah winrarzip.

download-plugin1

  1. Login ke cpanel hosting anda, lalu upload file codecogs latex equation editornya ke wp content jika anda menggunakan hosting dari hostgator setelah berhasil login cari file manager lalu akses root domain anda

  2. Pada bagian file manager pilih upload lalu pilih file lalu upload file codecogs latex equation editor dari file komputer anda. Tunggu sampai proses upload nya selesai

4.Untuk mengaktifkan plugin yang telah di upload sebelumnya login ke dashboard wordpress anda, lalu pilih plugin lalu add new

plugin-add-new

  1. Ketikkan ‘codecogs latex equation editor’ pada kolom search kemudian search plugin kemudian pilih “codecogs latex equation editor” lalu klik install now kemudian pilih activate plugin .Nah.. sampai disini instalasi pluginnya selesai

instal-now

  1. Untuk melihat hasilnya coba anda buat postingan baru , dari dashboard anda pilih post lalu pilih add new kemudian klik fx button.

add-new-post

  1. Anda tinggal menuliskan rumus – rumus matematika baik menggunakan kode latex maupun maupun secara visual dengan meng klik simbolnya. Setelah selesai pilih copy to document secara otomatis rumus yang anda tulis akan tampil dibagian postingan artikel anda. Selesai….

selesai

Jika anda ingin belajar menulis dengan kode Latex unduh panduannya di sini https://www.dropbox.com/s/98qgc82xj7cjdb4/LaTeX.pdf  atau bisa juga menggunakan geogbara versi 4 yang telah tersedia fitur latex nya, tinggal salin kode latexnya.

Demikian cara mudah menulis rumus dan karakter matematika di blog, semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: http://p4tkmatematika.org/2012/04/menulis-ekspresi-matematika-di-wordpress/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags: , ,

Category: Pendidikan

%d bloggers like this: