Mengatasi gatal Karena alergi obat dan dingin pada anak : Share & Care

Mengatasi gatal Karena alergi

| September 16, 2014

Kenali Pemicu Alaergi dan Cara Mengatasi gatal karena alergi

 

Mengatasi gatal karena alergi – Sebagian orang beranggapan bahwa alergi merupakan penyakit berbahaya, padahal sebenarnya tidak membahayakan. Timbulnya alergi pada tubuh kita merupakan reaksi sistem pertahanan  tubuh terhadap zat atau bahan-bahan yang dianggap berbahaya bagi tubuh. Faktor-faktor penyebab timbulnya alergi pada tubuh di sebut alergen misalnya cuaca dingin, debu, jenis makanan tertentu, obat-obatan dll.

Pada sebagian orang alergen tersebut tidak membahayakan, tetapi bisa menimbulkan masalah bagi pada mereka yang sensitif terhadap alergen. Jika masuk kedalam tubuh  alergen melalui paru-paru, saluran pencernaan, dan sel-sel tubuh lainnya sehingga merangsang tubuh kita membentuk pertahanan yang di sebut antibodi dan menyebabkan timbulnya gejala alergi. Lalu Bagai mana mengatasi gatal karena alergi?

Cara Tradisional Mengatasi gatal karena alergi

Mengatasi gatal karena alergi bisa di lakukan dengan bantuan medis dan menggunakan cara tradisional. Karena reaksi tubuh kita terhadap alergi bisa bermacam-macam dari sifatnya ringan hingga berat yang bisa mengganggu aktifitas kita sehari-hari, oleh karena itu alergi tetap harus di obati.

Mengatasi alergi yang mengakibatkan bersin

Ambil 7 lembar daun sambung nyowo, sambiloto segar 30 gram, lalu rebus bahan-bahan tersebut dengan 500 ml air sampai mendidih dan tersisa 200 ml. Tuangkan sambil di saring dan minum dalam keadaan hangat.

Mengatasi gatal karena alergi yang menyerang Kulit

Siapkan daun ketepeng cina seperlunya, lalu tumbuk hingga halus. Oleskan merata pada bagian kulit yang terasa gatal. Cara kedua bisa juga menggunakan sambiloto, kunyit dan belerang, tumbuk hingga halu ketiga bahan tersebut dan oleskan pada permukaan kulit yang gatal. (informasikesehatan.org)

 Tips Mengatasi gatal karena alergi

Selain cara-cara tradisional diatas, lakukan tips berikut ini agar anda dan keluarga terhindar dari alergi:

Bersihkan Alergen dengan Menjaga kebersihan Diri

Saat anda berada di ruang terbuka banyak debu maupun partikel-partikel kecil yang menempel di pakaian, sepatu, kulit maupun rambut anda. Lepas sepatu anda sebelum masuk kedalam rumah, membersihkan tubuh dan segera mengganti pakaian dapat menghindarkan anda dan keluarga dari resiko alergi.

Memperbanyak vitamin D

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa gejala alergi di sebabkan oleh kurangnya asupan vitamin D. Cukupi kebutuhan vitamin D harian anda 200 IU per hari, beberapa makanan sumber vitamin D yaitu salmon, tuna, miyak ikan dan suplemen yang menngandung vitamin D

Pola Makan yang Sehat dan seimbang

Pola makan dan nutrisi yang seimbang merupakan cara  mengatasi gatal karena alergi secara alami. Mengkonsumsi sayuran dan buah segar setiap hari bisa mengurani reaksi alergi makanlah sayuran dan buah seperti tomat, anggur,apel dan jeruk.

Memakai Masker

Saat anda sedang berkatifitas di dalam maupun di luar ruangan sebaiknya gunakanlah masker karena masker bisa mencegah masuknya alergen melalui saluran pernafasan. Masker yang baik misalnya Respirator N 95 mampu mencegah debu dan kotoran hingga 95 persen.

Membilas dan membersihkan hidung

mengatasi alergi dengan membilas hidung

Mengatasi alergi dengan membilas hidung

Jika anda memiliki alergi di hidung ada cara mengatasi gatal karena alergi di hidung yaitu dengan cara membilas dan membersihkan hidung dari lendir dan bakteri. Caranya campurkan ½ sendok baking soda dengan ½ sendok garam lalu larutkan dalam 800 gram air hangat bilas lubang hidung secara bergantian

Menghirup uap panas

mengatasi alergi dengan menghirup uap panas

Mengatasi alergi dengan menghirup uap panas

Cara ini dapat megurangi gejala alergi pada saluran pernafasan. Sediakan mangkuk berukuran sedang lalu isi dengan air panas lalu hirup uap panas dari mangkuk sambil menutupi kepala dengan handuk yang bertujuan agar uap panas tidak menyebar keluar. Lakukan 2 atau 3 kali sehari saat bangun tidur atau malam hari menjelang tidur dapat dapat mengatasi gatal karena alergi pernafasan.

Tags: , , , , ,

Category: Tips Kesehatan

Comments are closed.

%d bloggers like this: