Apakah Meningkatkan Ukuran Pagefile Membuat Komputer Berjalan Lebih Cepat?

Posted on

Orang dengan komputer berkinerja rendah mengeluh tentang betapa lambatnya mereka setelah menggunakannya selama beberapa hari. Ini terjadi karena komputer menggunakan semua RAM dalam program. Namun, hard drive anda juga dapat berpartisipasi dengan menambahkan kumpulan RAM anda dengan pagefile-nya. Jika anda menambah ukuran pagefile anda, anda memiliki lebih banyak memory untuk digunakan. Tetapi apakah ini ide yang bagus? Ini gratis, tetapi bisa dikenakan biaya dalam beberapa hal. Mari kita bahas apakah anda harus menambah pagefile atau meningkatkan RAM.
Apa Pagefile Itu?
Pagefile adalah sesuatu yang ada di dalam setiap hard drive tempat system operasi (Windows, dalam hal ini) diinstal. Di Linux, sesuatu yang serupa ada (dikenal sebagai swap). Faktanya, hampir tidak ada system operasi yang berfungsi tanpa fenomena seperti itu.
Apa itu pagefile? Ini adalah sekumpulan data dalam hard drive yang ditetapkan dengan tujuan menambah memory ke komputer. Memory yang ditempati oleh program terkadang akan memasukkan pagefile ini. Ini cara komputer anda mengatasi keterbatasan sejumlah kecil RAM. Bahkan system dengan jumlah RAM yang besar masih menggunakan pagefile mereka.
Pagefile vs. RAM
Meningkatkan ukuran pagefile anda dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah. Jika pagefile dan RAM anda penuh, meningkatkan ukuran pagefile adalah hal paling cepat yang dapat anda lakukan untuk mengurangi lambatnya komputer anda. Terkadang ini membuat system berjalan lebih cepat, tetapi itu hanya karena anda mungkin telah meletakkan pagefile anda di bagian yang tidak terlalu terfragmentasi dari hard drive (dengan kata lain, anda meletakkannya di lokasi fisik paling bebas).

Yang benar adalah bahwa dengan meningkatkan ukuran pagefile anda, itu hanya dapat melakukan peningkatan sangat sedikit di komputer anda. Alasan untuk ini adalah karena mungkin itulah yang memperlambat komputer anda sejak awal. Periksa berapa banyak RAM yang ditempati dengan mengakses task manager (Ctrl + Shift + Esc) dan lihat bagian Performance.

Jika memory anda dimana saja di atas 95%, maka komputer anda sekarang pada dasarnya mengandalkan pagefile untuk terus beroperasi. Ini bukan hal yang sehat karena hard drive memiliki komponen yang bergerak dan membutuhkan waktu lebih lama bagi CPU untuk mengakses data. Karena itu, anda mendapatkan kecepatan yang lambat.
Jadi jawabannya adalah, meningkatkan pagefile tidak membuat komputer berjalan lebih cepat. Jauh lebih efektif jika anda meningkatkan kapasitas RAM anda! Jika anda menambahkan lebih banyak RAM ke komputer anda, itu akan memudahkan pada permintaan program memakai system. Tentu saja, menutup program yang membutuhkan banayak RAM juga membantu. Menyingkirkan malware sangat penting, karena hal-hal seperti itu juga bisa menghabiskan resource komputer anda.
Pertanyaan lain yang kemudian muncul adalah, kapan anda harus menambah ukuran pagefile? Biasanya, Windows merawat dengan baik pagefile anda. Secara otomatis mengatur ini pada jumlah yang melengkapi jumlah RAM yang diinstal pada komputer anda. Angka ajaibnya adalah 2. Dengan kata lain, anda harus memiliki paling banyak dua kali lebih banyak memory pagefile daripada RAM. Jadi, jika anda memiliki 4 GB RAM, anda harus memiliki pagefile 8 GB. Jika itu tidak cukup untuk anda, dapatkan lebih banyak RAM!

Catatan: Jika anda memiliki 16GB, atau 32GB RAM di system anda, mungkin tidak ada gunanya meningkatkan pagefile anda menjadi 32GB atau 64GB. Anda hanya membuang-buang ruang karena itu tidak akan digunakan sepenuhnya di sebagian besar waktu. Singkatnya, atur pagefile anda menjadi dua kali ukuran RAM untuk 8GB atau kurang. Setelah itu, pengaturan ke 8GB (atau 16GB) sudah cukup.
Jadi kesimpulannya adalah menambahkan ukuran pagefile anda hanya dapat memecahkan masalah untuk sementara waktu, dan hal itu lebih sering sering menciptakan lebih banyak masalah daripada memecahkan masalah. Lebih baik untuk mengetahui akar permasalahnya, yaitu kurangnya memory RAM anda. Dan penambahan kapasitas RAM akau jauh lebih membantu untuk kecepatan PC anda.
Sekian tutorial kali ini. Bagaimana pendapat anda, apakah membantu? Atau anda mempunyai pemikiran sendiri? Bagikan dengan saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.


Referensi dari Tips Orialind Blogs