Cara Memperbaiki Klik Kiri Mouse Tidak Berfungsi pada Windows 10

Posted on

Hampir semua orang di komputer menggunakan tombol kiri mouse sebagai tombol utama. Dengan tombol kiri anda dapat melakukan hal-hal seperti membuka file, folder, seret, dan jatuhkan, dll. Ketika tiba-tiba tombol kiri mouse berhenti bekerja, anda dapat memiliki masalah besar di tangan anda.
Itu selalu merupakan ide yang baik untuk memulai dengan perbaikan paling mendasar yang mungkin, karena terkadang hanya itu yang diperlukan. Memulai dengan perbaikan penting juga menghemat waktu anda yang berharga, karena cepat dan mudah dilakukan.
1. Kemungkinan Profil Pengguna Yang Rusak
Jika anda berbagi komputer dengan seseorang, tanyakan kepada pengguna lain apakah mereka memiliki masalah yang sama. Jika mereka tidak memiliki masalah yang sama, maka profil pengguna anda rusak, tetapi jika pengguna lain mengonfirmasi masalah yang sama, maka itu adalah masalah di seluruh system.
Untuk mengesampingkan kemungkinan ini, anda harus membuat akun sementara untuk melihat apakah tombol kiri mouse berfungsi. Untuk membuat akun ini, klik kanan pada Start Menu dan kemudian arahkan kursor ke Settings menggunakan mouse dan tekan Enter. Di jendela Settings, tekan tombol Tab dan arahkan ke  Accounts menggunakan tombol panah dan tekan Enter.

Dihalaman Accounts, tekan tombol Tab dan gunakan tombol panah ke bawah untuk pergi ke Family & others users dan tekan Enter untuk mengaksesnya. Tekan lagi tombol Tab sebanyak yang diperlukan hingga kotak hitam berakhir di opsi Add someone else to this PC. Tekan Enter untuk masuk ke pembuatan akun baru dan ikuti petunjuknya.

Anda harus memasukkan nama pengguna baru dan info masuk. Setelah info ditambahkan, masuk ke akun baru, dan uji tombol kiri. Anda dapat mencoba memperbaiki profil yang rusak, atau anda dapat mentransfer data anda ke akun baru.

Langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan dari akun yang tidak digunakan/cadangan (Langkah ini dilakukan setelah klik kiri mouse diperbaiki dengan menggunakan akun baru). Tekan tombol Win + E untuk membuka file explorer. Anda harus dapat melihat file OS yang dilindungi dan folder/file tersembunyi. Jika tidak terlihat, klik View dan beri ceklist pada Hidden items.

Sekarang buka C:\Users\[Corrupted Username] dan pilih semua file yang anda lihat, tetapi jangan sentuh file berikut: Ntuser.dat.log, Ntuser.dat, dan Ntuser.

File yang baru saja anda copy harus disisipkan ke C:\Users\[New Username]. Keluar dari akun cadangan, dan masuk ke yang baru. Pastikan semuanya berjalan dan berjalan, dan jangan lupa untuk menghapus akun yang rusak dan cadangan.
2. Reinstall Driver Mouse
Driver mouse juga bisa rusak atau outdated. Solusi yang mungkin untuk masalah ini adalah me-reinstall atau mengupdate driver untuk mouse yang anda gunakan. Sebelum menguninstall driver mouse, sebaiknya anda mencoba memeriksa apakah ada update terbaru untuk driver mouse anda. Setelah anda melakukannya dan masih tidak berfungsi, anda dapat reinstall driver mouse.
Tekan tombol Win + X, dan klik kanan pada Device Manager. Klik panah pada opsi Mice and other pointing devices untuk memperluasnya. Klik kanan pada HID-compliant mouse dan pilih Uninstall Device.

Ikuti langkah uninstallnya hinggga driver dihapus sepenuhnya dari perangkat. Setelah itu, cabut dan pasang kembali mouse, dan driver secara otomatis akan diinstal kembali di komputer anda. Silahkan tes mouse anda, apakah kembali berfungsi dengan benar.
3. Gunakan DISM Tools
DISM tools adalah solusi lain yang mungkin untuk masalah tombol kiri mouse. Untuk menjalankannya, anda harus menjalankan Command Prompt, tetapi pastikan anda menjalankannya sebagai administrator. Buka Command Prompt dengan mencarinya di kotak pencarian. Klik kanan padanya, arahkan kursor pada Run as administrator dan tekan Enter.
Setelah terbuka, masukkan perintah berikut:
Prosesnya akan memakan waktu cukup lama, jadi sekarang saat yang tepat untuk membuat secangkir kopi untuk anda nikmati. Jika sudah selesai, tutup Command Prompt dan sekali lagi tes nouse anda.
4. Merevisi Properti Mouse
Untuk melakukan ini, buka Settings – Devices – Mouse – Additional mouse options (Gunakan tombol Tab dan Panah untuk mencapainya).
Properties mouse akan terbuka. Buka tab Buttons, dan pastikan opsi Turn on Click Lock diberi ceklist. Jika anda menggunakan laptop, anda dapat menggunakan trackpad untuk memberi. Jangan lupa untuk memilih Apply.
Semoga, salah satu metode yang disebutkan telah bekerja untuk anda. Menurut anda, opsi mana yang akan anda coba terlebih dahulu? Berikan jawaban anda di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.


Referensi dari Tips Orialind Blogs