Cara Menambahkan Opsi Open Powershell Here di Klik Kanan Menu Konteks di Windows

Posted on

Microsoft memperkenalkan Powershell di Windows XP dan telah diterima dengan baik oleh komunitas. Bagi anda yang tidak tahu, Windows PowerShell adalah tools otomatisasi Windows paling kuat yang ditawarkan Microsoft, dan itu tidak membosankan seperti command prompt Windows biasa.
Hanya Microsoft yang tahu mengapa Windows memiliki banyak fitur yang bermanfaat, namun tersembunyi. Dalam hal ini, anda dapat dengan mudah menambahkan opsi Open Powershell Here ke klik kanan menu konteks dan menyingkirkan command prompt lama yang biasa sehingga anda dapat menikmati tools yang kuat ketika anda membutuhkannya. Windows tidak menawarkan cara titik dan klik apapun untuk menambahkan Powershell ke klik kanan menu konteks; anda hanya dapat melakukannya dengan menambahkan beberapa entri registry. Jadi mari kita menggali dan melihat cara menambahkan opsi Open Powershell Here ke menu klik kanan.
Tambahkan Opsi Open Powershell Here ke Klik Kanan
1. Untuk menambahkan opsi Open Powershell Here ke klik kanan menu konteks, kita harus menambahkan beberapa entri registry ke Windows registry editor kita. Untuk melakukannya, tekan Win + R untuk membuka kotak dialog Run, ketik regedit dan tekan tombol enter untuk membuka Windows registry editor.

2. Tindakan di atas akan membuka Windows registry editor. Arahkan ke lokasi berikut di bawah ini. Jika anda menggunakan Windows 10, anda dapat copy dan paste jalur dibawah ini ke address bar Windows registry editor dan tekan Enter.
3. Setelah anda berada di lokasi yang ditentukan, klik kanan pada sub key shell dan buat key baru dengan memilih New – Key dan beri nama dengan Powershell. Jika sudah ada, tidak perlu membuatnya lagi.

4. Setelah anda selesai melakukannya, klik kanan pada value Default dan pilih opsi Modify… dari daftar.

5. Tindakan di atas akan membuka jendela Edit string. Disini masukkan value datanya dengan Open PowerShell Here dan klik tombol OK untuk menutup jendela. Sebenarnya, anda dapat memasukkan teks apapun yang anda inginkan disini karena ini adalah value yang muncul ketika anda mengklik kanan untuk membuka jendela Powershell.

6. Sekarang klik kanan pada sub key PowerShell dan buatlah sub key baru dengan memilih New – Key dan beri nama dengan command.

7. Sekarang klik kanan pada value Default di bawah sub-key command dan pilih opsi Modify… dari daftar.
8. Ini akan membuka jendela Edit string. Disini masukkan jalur di bawah ke dalam bidang value data dan klik tombol OK untuk menutup jendela.
Catatan: Jika Windows anda tidak diinstal pada drive C, ubah jalurnya. Jika anda menggunakan Powershell selain versi 1.0, maka anda juga perlu mengubah nomor versi itu (v1.0). Yang mengatakan, anda dapat mengkonfirmasi versi Powershell anda dengan menavigasi ke C:\Windows\System32\WindowsPowerShell. Bahkan backslash ganda (\\) penting; jangan menganggap mereka sebagai kesalahan ketik.
Setelah anda selesai melakukannya, tutup saja Windows registry editor anda dan semua selesai.
Mulai sekarang, setiap kali anda ingin membuka jendela Powershell di folder favorit anda atau di desktop, cukup klik kanan dan pilih opsi Open powershell Here dari menu konteks.
Bagaimana menurut anda? Apakah anda sering menggunakan PowerShell dan metode ini mempermudah pekerjaan anda? Bagikan pengalaman anda pada saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.


Referensi dari Tips Orialind Blogs