Home Animasi Menu Windows Cara Mengubah Animasi Menu Windows Untuk Mempercepat Windows

Cara Mengubah Animasi Menu Windows Untuk Mempercepat Windows

by lepiwordku

Windows hadir dengan animasi keren untuk memberi anda tampilan yang lebih halus saat menavigasi system. Perasaan halusnya luar biasa, tetapi juga bisa membuat anda merasa sedikit lamban. Jika anda lebih suka navigasi lebih cepat daripada gaya, maka anda dapat dengan mudah mempersingkat durasi animasi atau bahkan menonaktifkannya sepenuhnya. Saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat mempersingkat durasi animasi menu Windows dan cara menonaktifkannya.
Sesuaikan Durasi Animasi Menu Windows
Untuk menyesuaikan durasi animasi menu Windows, anda perlu membuat beberapa perubahan dalam registry Windows. Prosesnya tidak rumit dan seharusnya tidak menjadi masalah bagi orang yang kurang berpengalaman dalam Windows sekalipun. Meskipun begitu, anda selalu saya sarankan agar membuat backup registry jika terjadi kesalahan.
  • Tekan tombol Win + R dan ketik regedit di dialog Run dan klik OK untuk membuka registry.
  • Di registry anda perlu menavigasi ke lokasi berikut di bawah ini. Untuk Windows 10, Copy-Paste alamat di bawah ke adress bar Registry Editor :
  • Carilah entri MenuShowDelay di panel kanan. Klik doble untuk membukanya. Ini adalah entri animasi menu dengan nilai default 400 (milidetik). Anda dapat mengubah nilai ini ke angka yang lebih rendah untuk mempersingkat durasi. Nilai 200 seharusnya berfungsi dengan baik untuk sebagian besar pengguna, tetapi anda dapat mengurangi lebih lanjut jika anda suka.
  • Ketika selesai mengedit, anda harus me-Restart PC agar dapat melihat efeknya.

Nonaktifkan Animasi Menu Windows
Jika anda mencari navigasi instan tanpa lonceng dan peluit, anda juga dapat menonaktifkan animasi menu sepenuhnya. Anda tidak memerlukan peretasan registry untuk ini. Animasi menu Windows dapat dengan mudah dinonaktifkan dari Performance options. Menonaktifkan animasi tidak akan secara langsung memengaruhi cara anda menggunakan PC anda karena itu hanya akan membuatnya lebih cepat.
Catatan: Saya menggunakan PC Windows 10 untuk demonstrasi. Proses untuk mengakses Performance options bervariasi dari versi Windows yang berbeda. Coba manfaatkan fitur pencarian Windows jika anda tidak dapat menemukan Performance options.
  • Pada Windows 10 klik kanan pada tombol Start dan pilih System dari menu.
  • Disini, di panel kanan, klik System info.
  • Di jendela baru klik Advanced system settings.
  • Sekarang klik Settings di bawah judul Performance.
  • Disini anda akan melihat banyak performance tweak yang dapat anda buat pada tab Visual Effects. Anda dapat menonaktifkan opsi ini untuk mengorbankan tampilan visual untuk beberapa peningkatan performa. Namun, anda tidak disarankan untuk menonaktifkan semua opsi ini hanya untuk mendapatkan peningkatan performa karena anda mungkin tidak nyaman dengan tampilan setelahnya. (Ini seperti kembali ke Windows 98).
  • Untuk menonaktifkan animasi menu, hapus ceklist dua opsi yang disebutkan di bawah ini:
  1. Animate controls and elements inside windows – Opsi ini akan menonaktifkan animasi di dalam jendela tertentu, seperti yang anda lihat saat menavigasi Settings.
  2. Animate windows when minimizing and maximizing – Ini akan menonaktifkan animasi yang anda lihat saat anda meminimalkan atau memaksimalkan jendela apapun.
  • Ketika anda selesai, cukup klik OK untuk menerapkan semua perubahan.
Tips ini adalah bagaimana anda dapat menyesuaikan animasi menu Windows dan membuatnya terlihat sedikit lebih cepat. Saya pribadi suka menonaktifkan animasi menu sepenuhnya untuk mendapatkan navigasi instan yang lebih cepat. Meskipun begitu, jika anda suka animasi anda selalu dapat mengurangi durasi untuk mendapatkan kecepatan dan menikmati animasi menu. Apa yang anda sukai, navigasi halus atau hasil instan? Bagikan dengan saya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih. GBU


Referensi dari Tips Orialind Blogs

Baca Juga:  Cara Memeriksa Suhu CPU Anda di Windows 10

You may also like