Terinspirasi dari halaman-halaman demo yang hanya menampilkan isi dari hasil tutorial yang dibahas di sebuah situs web design, timbul ide untuk membuat dan menerapkannya ke template atau tampilan halaman Blogger dan balasannya pun tidak mengecewakan berhasil.

Kali ini admin akan menawarkan kepada anda bagaimana cara membuat satu halaman di blog tanpa ada Sidebar/Widget dan Footer, halaman tanpa menampilkan sidebar dan Footer ini sanggup anda gunakan sebagai halaman khusus untuk demo ataupun untuk keperluan lainnya.

halaman demo yang hanya menampilkan isi dari hasil tutorial yang dibahas di sebuah situs w Cara Membuat Halaman Blog Tanpa Sidebar dan Footer

Cara kerjanya sendiri cukup simpel, admin menyembunyikan atau menghapus Sidebar dan Footer akan tenamun admin tetap menampilkan isi posting atau Main Wrapper dari halaman tersebut, tenamun ruang kosong yang ditinggalkan oleh Sidebar akan di isi oleh main wrapper dengan melebarkan ukurannya menjadi 100% dari lebar keseluruhan outer wrapper template.

Ada 2 isyarat untuk membuat halaman ini, adalah isyarat untuk Template bawaan dari Blogger dan isyarat untuk Template yang anda terapkan dari Pihak ketiga atau Kostum Template. Pilihlah isyarat sesuai dengan template yang anda gunakan dikala ini kemudian salinlah isyarat tersebut.

1). Kode untuk template bawaan dari blogger

Klik ganda untuk menyalin

<style type="text/css"> /*satu halaman penuh dikostumisasi oleh teach-how.blogspot.com*/ .column-left-outer{ display: none !important; } .column-right-outer{ display: none !important; } .fauxcolumn-inner{ display:none !important; } .column-right-inner{ display: none !important; } .footer-outer { display: none !important; } .blog-pager{ display:none !important; } .post-footer{ display:none !important; } .author{ display:none !important; } .post-labels { display:none !important; } .feed-links{ display:none !important; } .comments{ display:none !important; } .column-center-outer { width:910px!important; } .column-center-inner { width:100%!important; } .blog-posts { width:100%!important; } </style>

2). Kode untuk kostum template

Klik ganda untuk menyalin

<style type="text/css"> /*satu halaman penuh dikostumisasi oleh teach-how.blogspot.com*/ #sidebar-wrapper { display: none !important; } #footer-wrapper { display: none !important; } .blog-pager{ display:none !important; } .post-footer{ display:none !important; } .author{ display:none !important; } .post-labels { display:none !important; } .feed-links{ display:none !important; } .comments{ display:none !important; } .footer-outer { display:none !important; } #main-wrapper { width: 100%!important; float: left; margin: 0; .post { width:100% } </style>


Langkah-langkah :

Baca Juga:  Inilah Cara Simpel Memunculkan Icon Zoom Pada Gambar Posting Blog

1). Masuk ke Blogger kemudian klik Halaman.

2). Klik Halaman Baru kemudian pilih Halaman kosong.

3). Pada tampilan ini pilih tab HTML.

4). Agar isyarat tersebut tak menjadi permanent link, Pastekan semua isyarat yang sudah di salin gres saja kedalam halaman post tersebut sempurna di bawah </div>.

5). Klik Pratinjau.

6). Jika sudah selesai, klik Publish.

Jika anda ingin menambah atau membuat isi kiriman ke halaman tersebut, tempatkan isinya sempurna di atas isyarat <style>.
Contoh :

<div dir="ltr" style="text-align: justify;" trbidi="on">  Disini merupakan isi dari Teks atau Gambar yang ingin di tampilkan di halaman tanpa Sidebar dan Footer tersebut.  </div> <style>

Sekarang setiap kali anda ingin membuat halaman tanpa menampilkan Sidebar dan Footer maka anda hanya perlu menambahkan isyarat tersebut untuk menciptakannya terhapus. Enjoy & Happy Coding!


Sumber blog Hi Riad’s/