Kustomisasi Tampilan Command Prompt di Windows 10

Posted on
Command Prompt adalah salah satu bagian Windows yang terlihat paling membosankan (namun kuat) dengan desain yang sangat tidak menarik dan antarmuka yang paling tidak interaktif. Segera setelah anda membuka Command Prompt, anda hannya melihat teks putih pada latar belakang hitam. Syukurlah, mimpi buruk ini bisa dikustomisasi agar terlihat sedikit lebih baik dan menarik. Terutama dengan pembaruan Windows 10, beberapa fitur kustomisasi baru ditambahkan untuk membuat Command Prompt sedikit interaktif dan mudah digunakan.
Dalam posting ini saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat membuat Command Prompt terlihat lebih baik. Meskipun beberapa opsi penyesuaian ini juga berlaku untuk versi Windows yang lebih lama, saya akan fokus pada Windows 10 dan menggunakannya untuk tujuan demonstrasi.
Ubah Warna Command Prompt
Hal pertama yang ingin disingkirkan siapapun adalah antarmuka hitam putih dari Command Prompt. Anda dapat dengan mudah mengubah warna latar belakang dan teks dari Command Prompt dari propertinya. Klik kanan pada bilah jendela atas Command Prompt dan pilih Properties dari menu.
Di sini, pindah ke tab Colors, dan anda akan melihat opsi untuk mengubah latar belakang layar dan warna teks. Screen background/text color adalah warna antarmuka utama, dan Popup background/text color adalah warna jendela popup, seperti yang menunjukkan semua perintah yang diproses saat anda menekan F7.
Anda dapat menggunakan warna yang disediakan di bawah ini untuk secara individual memilih warna yang tepat untuk teks dan latar belakang. Jika warna-warna ini tidak cukup untuk anda, maka anda dapat menggunakan nilai RGB (Red, Green dan Blue) untuk membuat warna apapun dalam spektrum. Tweak nilai-nilai ini dan anda akan melihat perubahan warna secara real-time di bawah ini. Pastikan anda menggunakan warna latar belakang gelap dan warna teks terang atau sebaliknya untuk dengan mudah melihat teks; jika tidak, akan sulit untuk melihat teks jika keduanya gelap atau terang.
Tips: Anda tidak perlu bereksperimen dengan nilai RGB untuk mendapatkan warna yang anda inginkan. Jika anda tahu nama warna yang anda inginkan, maka cari saja nilai RGB-nya secara online. Misalnya, untuk warna “Sarcoline” anda dapat mencari “nilai Sarcoline RGB” (250, 223, 174).
Sesuaikan Transparansi Command Prompt
Fitur ini hanya untuk Windows 10. Anda juga dapat menyesuaikan opacity dari jendela Command Prompt. Ini sangat berguna dalam banyak situasi; anda dapat dengan mudah membaca teks (atau instruksi) di belakang jendela Command Prompt tanpa perlu mengganti jendela yang berbeda.
Untuk melakukannya, buka tab Colors yang sama di properti Command Prompt, dan anda akan melihat slider Opacity di bagian bawah. Anda dapat mengatur opacity dimana saja antara 30% hingga 100%. Bagi saya, 75% opacity sempurna untuk melihat konten di belakang dan juga dengan mudah melihat teks Command Prompt.
Ubah Font
Jika anda tidak nyaman dengan jenis atau ukuran font saat ini, maka anda dapat dengan mudah mengubahnya. Di Properties, buka tab Font dan anda akan melihat semua opsi di bawah ini. Anda dapat memilih ukuran font dari panel pertama dan jenis font dari panel di bawahnya. Anda juga dapat menggunakan Bold pada font jika anda ingin tampilan yang lebih jelas. Perubahan dapat dilihat di jendela kanan dan bawah secara real time.
Sesuaikan Ukuran Jendela Command Prompt
Pada versi Windows sebelumnya, agak sulit untuk menyesuaikan ukuran jendela Command Prompt. Anda tidak diizinkan untuk dengan mudah menyesuaikan lebar jendela, dan beberapa opsi kenyamanan lainnya juga tidak ada. Di Windows 10 anda memiliki kontrol penuh atas jendela Command Prompt dan bahkan dapat memaksimalkannya untuk mengambil layar penuh.
Anda dapat dengan mudah mengubah lebar atau tingginya dengan meraih jendela dari samping atau sudut dan memindahkan kursor ke luar. Anda juga dapat membuka tab Layout di Properties untuk memasukkan nilai yang anda inginkan untuk lebar dan tinggi jendela.
Di Windows 10 semua perubahan yang disebutkan di atas akan tetap ada bahkan jika anda keluar dan memulai kembali jendela Command Prompt. Setelah anda mengubah dan menyesuaikan tampilan Command Prompt, anda tidak perlu khawatir untuk men-tweak setiap kali anda mengakses Command Prompt.
Jika anda adalah pengguna Command Prompt yang berat, anda harus mengubah tampilannya agar lebih mudah digunakan. Anda setidaknya harus mengubah warna hitam dan putih yang membosankan, yang juga berguna untuk menjaga beberapa variasi jika anda perlu menggunakan lebih dari satu jendela Command Prompt.
Apakah anda tahu cara lainnya untuk membuat Command Prompt terlihat lebih baik? Bagikan dengan saya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.


Referensi dari Tips Orialind Blogs